6 Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

6 Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil - Hallo sahabat jacekprezydent, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ibu Hamil, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.
Sebuah kabar yang menggembirakan ketika pasangan suami istri mengetahui bahwa sang istri sedang hamil. Tak jarang, para suamipun sering memanjakan dan member perhatian yang lebih kepada istrinya ketika sedang hamil. Hal ini dilakukan suami agar sang istri selalu merasa bahagia supaya janin yang dikandung tumbuh dengan sehat. Ketidakstabilan hormone dalam tubuh menyebabkan ibu hamil mengalami mual, pusing, dan susah makan. Biasanya itu terjadi pada awal kehamilan atau trisemester (tiga bulan) pertama. Jadi, untuk menjaga agar bayi tetap sehat saat dikandungan seorang ibu, maka para ibu dan suami harus memperhatikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil beserta anak yang dikandungnya tersebut. 

nutrisi ibu hamil


Yup,,, Dengan cara mencukupi nutrisi penting bagi tumbuh kembangnya anak yang dikandung. Jika nutrisi tidak terpenuhi, sangat dimungkinkah terjadinya berbagai keluhan yang dirasakan oleh para ibu hamil serta terjadinya berbagai kelainan pada bayi yang dilahirkan. Hal ini tentu tidak diharapkan terjadi pada para ibu atau istri anda. Untuk itulah, mulai mengenal dan mengetahui berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hami merupakan hal yang sangat penting.

Nutrisi penting bagi ibu hamil


1. Asam Folat.
Ibu hamil rata-rata membutuhkan asam folat sekitar 600 sampai dengan 800 mikrogram perharinya. Fungsi asam folat adalah membantu proses pmbentukan sistem syaraf pada bayi dan mencegah berbagai kelainan pada syaraf janin. Makanan yang mengandung tinggi asam folat yaitu bayam, kubis, tomat maupun jeruk.

2. Protein. 
Protein merupakan salah satu nutrisi penting yang juga dibutuhkan oleh ibu hamil. Dalam hal ini, ibu hami sebaiknya mencukupi kebutuhan protein sebanyak 75 sampai dengan 100 gram protein perharinya. Fungsi dari protein itu sendiri adalah untuk proses pertumbuhan jaringan janin dan peningkatan suplai darah bagi ibu hamil. Aneka makanan yang mengandung protein yaitu ikan, ayam, kacang-kacangan serta tahu.

3. Vitamin C. 
Seorang ibu yang sedang hamil dianjurkan untuk mencukupi semua kebutuhan nutrisi yang diperlukan saat hamil, salah satunya dalah vitamin C sebanyak 85 miligram perhari. Fungsi dari vitamin C yaitu membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi pada janin dan meningkatkan proses metabolisme bagi ibu hamil. Makanan yang mengandung sumber vitamin C yaitu aneka buah-buahan seperti jeruk, melon, tomat maupun mangga.

4. Kalsium. 
Ibu hamil membutuhkan sekitar 1000 miligram kalsium perharinya. Kalsium bermanfaat untuk pembentukan tulang pada janin sekaligus membantu proses tumbuhnya gigi pada bayi. Makanan yang mengandung sumber kalsium antara lain susu, telur, tahu serta kubis.

5. Air Putih. 
Ibu hamil dianjurkan banyak minum air putih dan sebaikya menghindari berbagai minuman seperti kopi maupun berbagi minuman bersoda. Air putih sangat bermanfaat untuk menlancarkan proses pencernaan makanan serta mencukupi kebutuhan cairan sehat yang dibutuhkan selama masa kehamilan.

6. Zat Besi. 
Kebutuhan zat besi sekitar 27 miligram perhari dibutuhkan saat sedang hamil. Fungsi dari zat besi yaitu untuk meningkatkan volume darah serta mencegah terjadinya gejala anemia padaibu yang  sedang hamil. Makanan mengandung sumber zat besi antara lain bayam, kubis, selada, daging sapi serta aneka jenis daging unggas.

Itulah 6 nutrisi penting bagi ibu hamil yang sebaiknya diperhatikan saat masa kehamilan. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan yang sehat dan tinggi nutrisi, agar asupan saat masa kehamilan tercukupi, serta istirahatlah yang cukup. 



Demikianlah Artikel 6 Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Sekianlah artikel 6 Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6 Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil dengan alamat link http://jacekprezydent.blogspot.com/2016/02/nutrisi-penting-untuk-ibu-hamil.html
Previous
Next Post »